Headlines News :
Home » , , » Jangan Makan Berlebihan dan Hindarilah Hutang

Jangan Makan Berlebihan dan Hindarilah Hutang

Written By Admin on Jumat, 28 Juni 2013 | 14.14


Wasiat Lukman Al-Hakim

Wahai Anakku...
" Apabila kantung perutmu penuh padat, pikiranmu akan tidur, Hikmah kebijaksanaanmu menjadi tumpul dan anggota badanmu akan lemah dalam mengamalkan ibadah.
Hindarilah berhutang, ia adalah kehinaan pada siang hari dan keresahan pada malam hari."

renungan untuk kita semua,bahwasanya benar jika dikatakan makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. karena pada dasarnya sesuatu yang berlebihan dapat menimbulkan bencana. dapat kita lihat dari wasiat Lukman diatas, ketika seseorang yang perutnya penuh atau kekenyangan, maka tidak mudah untuk berfikir bahkan cenderung

kebanyakan orang sesudah makan matanya pun turut terpejam, sehingga melalaikan semua pekerjaan.
 untuk itu sangat jelas sekali makan lah untuk kebutuhan bukan untuk memenuhi keinginan hawa nafsu.

nasehat Lukman yang kedua, mengajak kita untuk bekerja keras agar dapat meraih sesuatu yang kita inginkan, tidak terbuai dengan produk-produk manis diawal tetapi mencekam di akhir, salah satunya kartu utang yang diterbitkan industri perbankan yang memanjakan para pemiliknya untuk membeli barang-barang yang bahkan tidak dibutuhkannya.

orang yang mempunyai utang selalu merasa resah dan hidup nya pun tak tenang, karena masih ada tanggungan yang harus diselesaikannya. bahkan Rasulullah saw tidak mau menyolati jenazah yang perkara utang nya belum selesai.

boleh berhutang jika dalam keadaan terdesak, namun harus segera dikembalikan ketika kita sudah dapat mengembalikannya dan tidak boleh ditunda-tunda. selain itu, boleh berhutang untuksesuatu yang bermanfaat, misalkan untuk membuka usaha dimana kita tidak memiliki cukup dana, namun sekali lagi harus segera dikembalikan dan tidak boleh curang.

semoga Wasiat Lukman ini dapat menerangi pikiran para pembaca agar terhindar dari dua hal tersebut, yaitu makan yang berlebihan dan berhutang untuk kesenangan.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Privacy Policy | Term Condition | Iklan
Copyright © 2011. Aku Cinta Allah Dot Com - All Rights Reserved
Thanks to Mas Colis | kontak admin|