Headlines News :
Home » , , » Bakti Anak Sepanjang Masa

Bakti Anak Sepanjang Masa

Written By Admin on Jumat, 23 Agustus 2013 | 14.54


Aku Cinta Allah.com--------Setelah beranjak dewasa kebanyakan orang sibuk dengan urusan dunianya, khususnya mereka yang menjadi pengusaha ataupun karyawan di sebuah perusahaan. Pekerjaan yang tak kunjung selesai  hingga larut malam, rapat di berbagai tempat, hingga pekerjaan yang mengharuskan pergi ke luar kota atau bahkan keluar negeri.

Sehingga lupa orang tua yang membesarkannya tidak lagi terurus, dan mudahnya mengambil jalan pintas mencarikan pembantu khusus atau menaruh mereka dipanti jompo dengan alasan agar masa tua mereka tenang dan tidak mengganggu kehidupan.

Sungguh kehidupan seperti ini bukan hanya tayangan televisi belaka, ini kehidupan nyata dan banyak sekali dijumpai di tengah kehidupan masyarakat. Mereka yang tua tersingkirkan karena dianggap mengganggu kehidupan. Padahal, orang tua lah yang telah membuat masa depan kita menjadi lebih baik, mendidik kita tanpa rasa lelah, dan selalu ada di saat senang maupun duka.

Hanya anak durhaka yang memperlakukan orang tuanya seperti itu. Dan mereka termasuk orang-orang yang merugi, sebagaimana Rasulullah saw bersabda : “ Rugilah dia, rugilah dia, rugilah dia.” Ada yang bertanya, “ Siapakah orang itu, wahai Rasulullah? ” Rasul menjawab : “ Orang yang sempat bertemu dengan kedua orang tuanya atau salah satunya dalam usia lanjut, Tetapi dia tidak masuk surge karena tidak berbakti kepadanya.” (HR.MUSLIM).

Ketahuilah, sampai kapan pun kasih sayang orang tua tak akan pernah bisa tergantikan dengan sesuatu apapun. Sekali pun materi setinggi gunung, kemewahan seluas samudera, tetap saja yang mereka inginkan melihat anaknya bahagia bahkan tanpa meminta balas jasa.

Bakti seorang anak terhadap orang tua pun  tidak selesai hingga mereka menutup usia. Setelah mereka wafat kita harus tetap berbakti kepada mereka. Bagaimana caranya?

Menurut hadits yang diriwayatkan Abu Dawud, Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, apakah masih ada kebaikan yang dapat aku lakukan guna berbakti kepada orang tua setelah mereka wafat ?. Sabda Rasulullah saw: “ Ada, yaitu Membacakan shalawat untuk mereka, memintakan ampun atas dosa-dosanya, memenuhi janji mereka yang belum terlaksana, menyambung tali persaudaraan yang dahulu biasa mereka lakukan dan menghormati sahabat-sahabat mereka.”


Dua hadis di atas merupakan peringatan bagi kita semua bahwa bakti anak kepada orang tua sepanjang masa. Selain itu, jangan sampai kita menyesal ketika mereka telah tiada walaupun harus tetap berbakti dengan mendoakan mereka.

Di sisi lain, masa tua mereka akan kembali kemasa kanak-kanaknya. Dimana mereka sering lupa ( pikun ) mengucapkan sesuatu berulang-ulang, jalan yang semakin menunduk. Sebagai anak, kita harus bersabar dan selalu siap di samping mereka. Jangan marah dengan keadaan mereka atau bahkan manyakiti perasaannya dengan ucapan kasar. Tetapi tersenyumlah dan cintailah mereka sebagaimana mereka mencintai kita di saat kita lahir hingga tumbuh dewasa.

Para pembaca budiman, selagi masih memiliki orang tua jangan pernah sia-siakan mereka. Jika selama ini  jarang memperhatikan mereka, mulailah dengan memberikan perhatian,berkata lembut, membantu kesulitan mereka, dan selalu berikan yang terbaik untuk kedua orang tua. Dan jangan biarkan air mata penyesalan hadir disaat mereka tiada karena di saat itu pula air mata penyesalan tidak lagi berguna.

Dan bagi yang sudah tidak memiliki orang tua, atau salah satu diantaranya, ikutilah pesan Rasulullah saw untuk selalu mendoakan, membacakan shalawat, dan memintakan ampun untuk mereka.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Privacy Policy | Term Condition | Iklan
Copyright © 2011. Aku Cinta Allah Dot Com - All Rights Reserved
Thanks to Mas Colis | kontak admin|